Pemrograman Multimedia

March 3, 2010 at 3:59 pm (Pemrograman Multimedia) ()

Textbook, berikan URL lengkap sampai ke file (min.2)
URL :
http://www.smitdev.com/bakery/multimedia-starter-guide-coreldraw-x39.php
Judul : Multimedia Starter Guide : CorelDraw X3
Penulis : Putri Wahyuni
Penerbit : ANDI Offset
Sinopsis Buku :
Buku ini memaparkan teknik-teknik pembuatan suatu karya desain grafis. Materi disajikan mulai dari pengenalan dan pemanfaatan fasilitas CorelDRAW X3, hingga pemberian contoh-contoh karya desain grafis CorelDRAW X3 yang disertai dengan petunjuk langkah-langkah pembuatannya.
Buku Multimedia Starter Guide : CorelDraw X3 ini sangat cocok dijadikan panduan dan pegangan bagi berbagai kalangan pembaca. baik yang masih dalam tahap belajar maupun yang sudah mahir. Melalui contoh desain karya seni yang diberikan, pembaca diharapkan secara cepat menguasai CorelDRAW X3, mampu mengeksplorasi lebih jauh beragam fasilitas yang ada di CorelDRAW X3, serta mendapatkan inspirasi dalam membuat suatu karya grafis profesional sesuai kebutuhannya.

URL :
http://www.beli-buku.com/multimedia-edisi-p-3334.html
Judul : Multimedia: Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing
Penulis : Mohammad Suyanto
Penerbit : Penerbit Andi
Sinopsis Buku :
Buku ini memberikan gambaran bagaimana multimedia dalam aplikasi sebagai alat untuk meningkatkan keunggulan bersaing. Selain itu juga memberikan defini multimedia, perangkat keras multimedia, perangkat lunak authoring, perangkat lunak editing, dan perangkat lunak berbasis web multimedia, serta obyek-obyek multimedia.
Buku ini juga memuat aplikasi multimedia. Aplikasi multimedia yang digunakan dalam berbagai bidang mencakup bisnis, bidang hiburan, kesehatan, pendidikan pemerintahan dan sebagainya.

URL :
http://www.beli-buku.com/multimedia-p-3329.html
Judul : Multimedia (Edisi 6)
Judul Asli : Making IT Works
Penulis : The McGraw-Hill Companies, Inc
Penerbit : Penerbit Andi
Sinopsis Buku :
Keterampilan penting untuk profesional multimedia Buku ini mengajarkan konsep dan keterampilan fundamental yang digunakan oleh profesional multimedia sehari-hari.diawali dengan blok pembangun yang penting – teks, grafis, audio, video, dan animasi – anda akan mempelajari bagaimana merencanakan dan mengelola proyek multimedia, dari CD – ROM dan DVD yang di dinamis sampai situs Web yang tampak profesional.

Slide presentasi (.ppt) min.2
URL :
http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/SIJK/2009/00-Pendahuluan.ppt
http://eri.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5145/objekmulti.ppt

Artikel di jurnal atau prosiding (min.4)
URL :
http://rinajudes.blogspot.com/2007/10/artikel-multimedia.html
http://re-searchengines.com/hidayat10608.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Multimedia
http://v3.juhara.com/id/artikel/pemrograman-multimedia

Contoh kasus&solusinya (min.1)
Contoh kasus :

Download vs Streaming
Pada prinsipnya ada dua metode penyampaian content multimedia ke client, yaitu streaming dan download. Setiap metode memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Pemilihannya bergantung pada bandwidth jaringan yang digunakan, karakteristik content dan bagaimana content dipresentasikan. Dalam metode download, content ditempatkan pada suatu server misalnya web server. Client kemudian mendownload seluruh file dan menyimpannya dalam harddisk lokal, dan menggunakan media player yang tepat untuk menampilkan aplikasi multimedia tersebut. Keuntungan metode ini adalah content disimpan pada harddisk lokal, sehingga dapat dimainkan kapan pun tanpa harus koneksi ke jaringan. Selain itu, kualitas content tidak bergantung pada kondisi jaringan. Sedangkan kerugiannya adalah download memerlukan waktu dan tempat penyimpanan pada harddisk lokal. Ini akan sangat menyulitkan apabila content yang didownload memiliki kapasitas besar yang memakan tempat yang besar pada harddisk.
Berbeda dengan metode download, pada metode streaming client mempresentasikan content yang datang dari jaringan secara langsung tanpa mendownload seluruh content terlebih dahulu. Content streaming pada dasarnya tidak pernah didownload, paket-paket content dipresentasikan ketika datang kemudian dibuang. Metode ini sangat cocok untuk memainkan presentasi yang memiliki durasi content yang tidak terbatas waktunya (memakan waktu yang sangat panjang), misalnya untuk acara yang sifatnya live (siaran langsung) seperti radio dan TV on demand. Video streaming adalah salah satu aplikasi yang dapat diimplementasikan dengan cara ini. Pada metode ini, client tidak memiliki salinan dari content tersebut. Kerugian metode ini adalah kualitas presentasinya sangat bergantung pada kondisi bandwidth jaringan. Kondisi jaringan yang buruk dan fluktuasi bandwidth akan menghasilkan gangguan yang sangat berarti pada kualitas presentasi. Namun, kerugian ini telah diatasi dengan hadirnya teknologi 3G yang mampu menyalurkan data berkapasitas besar dengan cepat.

Solusi :
Dalam hal ini, teknologi 3G menjadi sarana yang sangat diharapkan mampu mengimplementasikan teknologi streaming ini.

Sumber :
http://www.kikil.org/forum/archive/index.php/thread-10448.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: